IUCN, BMZ, dan KFW kunjungi Rimbang Baling

Pada tanggal 4-6 Oktober 2018, Rimbang Baling mendapat kunjungan dari IUCN, BMZ, dan KfW. Tujuan kunjungan tersebut adalah untuk melihat dari dekat kegiatan IMBAU (WWF-Yapeka-Indecon) yang telah didukung oleh mereka. Sebelum menuju Rimbang Baling, Tim IUCN, BMZ, KfW, dan IMBAU melakukan kunjungan ke Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau. Dalam kunjungan tersebut, IMBAU menyampaikan perkembangan kegiatan di Rimbang Baling serta tujuan kedatangan dari IUCN, BMZ, dan KfW. BBKSDA Riau mendukung sepenuhnya kegiatan IMBAU di Rimbang Baling dengan tetap mengharapkan untuk terus berkoordinasi dan komunikasi terutama dalam aspek konservasi kawasan, spesies, dan pemberdayaan masyarakatnya.

Tim IUCN, BMZ, KfW, BBKSDA, serta IMBAU melanjutkan perjalanan menuju ke Desa Tanjung Belit dan bertemu langsung dengan Kepala Desa, Ninik Mamak, dan Warga setempat. Dalam kujungan kali ini, mereka berkesempatan untuk melihat demplot yang dikembangkan antara lain pemanfaatan lahan untuk tanaman produktif, biogas, radio komunitas, budidaya gaharu, dan lainnnya. Tim IUCN, BMZ, KfW, dan BBKSDA juga merasakan tinggal bersama masyarakat dan menginap di rumah warga yang saat ini dikelola sebagai homestay.

Pada hari terakhir kunjungannya, rombongan ke Desa Batu Sanggan dan berdialog dengan Kelompok Kerja Batu Bolah serta mencoba paket ekowisata yang dikembangkan disana. IMBAU di desa ini mendampingi serta mendukung infrasruktur serta kapasitas pengelolaan ekowisata. Selanjutnya di Camp Subayang, tim IUCN, BMZ, dan KfW untuk melihat dari dekat teknik pemasangan camera trap sebagai salah satu metode untuk memantau satwa liar, termasuk harimau sumatera di habitatnya. Dari dua desa yang dikunjungi tersebut, masyarakat mengharapkan agar pendampingan yang selama ini dilakukan oleh IMBAU dapat dilanjutkan pada tahap berikutnya karena masyarakat mendapatkan manfaat dari kegiatan ini.

No Comments Yet.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »