Perluasan Jangkauan Jaringan Siaran Radio Komunitas Lintas Subayang

Kegiatan pada bulan September 2018 merupakan kegiatan akhir bidang komunikasi dan informasi yang terkait dengan Radio Komunitas. Kegiatan bulan terakhir ini berfokus pada kegiatan perluasan jangkauan jarak siar radio komunitas agar dapat diterima sampai dengan desa target paling jauh di seputaran Sungai Subayang yaitu Desa Pangkalan Serai.

Kegiatan ini tepatnya dilaksanakan pada tanggal 24 – 30 September 2018. Pembangunan antena Relay radio tambahan ini dilakukan di  Desa Aur Kuning sehingga siaran radio dapat didengar dengan jelas sampai Desa Pangkalan Serai. Pada proses pemasangan antena relay, terdapat kendala kurangnya pasokan listrik dari Solar Panel yang dibangun sebelumnya. Namun begitu, proses identifikasi lokasi dan pemasangan antena sudah dilakukan, sehingga pada proses berikutnya hanya tinggal memasang booster relay jika listrik sudah memadai.

Pada bulan ini juga dilakukan pemasangan antena repeater (RPU) HT. Perangkat ini merupakan perangkat pendukung komunikasi 2 arah yaitu HT. Dengan alat ini diharapkan dapat menjadi solusi bagi wilayah disekitar Suabayang yang masih kesulitan mendapatkan signal HP ataupun memang sama sekali belum terdapat signal HP. Hal ini menyebabkan komunikasi antar masyarakat tidak maksimal dan menghambat pengembangan pembangunan desa. Pembangunan antena repeater berjalan dengan lancar dengan bertempat di tower antena Radio Komunitas Lintas Subayang. Setelah dilakukan pengecekan jangkuan antena repeater, jaringan HT dapat diterima sampai dengan desa Aur Kuning dengan HT biasa, dan Desa Pangkalan Serai menggunakan HT dengan antena luar.

Selain itu, dilaksanakan kegiatan pendampingan rutin untuk pengurus rakom pada bulan ini. Kegiatan diisi dengan evaluasi dan pematerian intensif untuk hal-hal yang belum dikuasai dengan baik oleh anggota rakom. Di bulan terakhir ini dengan pendampingan intensif, didapatkan 5-7 anggota rakom yang sudah dapat membuat dan memproduksi ILM. Jumlah ini sudah sangat mencukupi untuk kebutuhan SDM pembuatan ILM rakom.

Kegiatan pendampingan radio komunitas juga dilaksanakan ditingkat perizinan. Dalam hal ini perizinan radio komunitas sudah mendapat persetujuan dari kominfo dalam bentuk IPP (Izin prinsip Penyiaran) sehingga radio komunitas Lintas Subayang sudah resmi diakui keberadaannya secara kelembagaan oleh kominfo. Selanjutnya tahapan akhir dari perizinan adalah permohonan ISR (Izin Siar Radio) yang menjadi syarat resmi keanggotaan radio komunitas dibawah kominfo.

No Comments Yet.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »