Modul Pendidikan Lingkungan

Dalam  mendukung Integrated Tiger Habitat Conservation Program (ITHCP) atau Imbau yang ada di kawasan Rimbang Baling. Penting untuk memberikan pendidikan mengenai lingkungan hidup kepada siswa dan siswi SMP dan SMA karena mereka yang kelak menjadi penerus untuk menjaga kawasan Rimbang Baling. Dari sinilah timbul ide tim IMBAU untuk melakukan pendampingan di sekolah  terkait PLH, konsep pendampingan ini sediri menggunakan cara menyisipkan kontel lokal pada pembelajaran.

Untuk mendukung proses pembelajaran dan memaksimalkan pemahaman siswa/i tersebut tim mengambil langkah untuk membuat buku modul tambahan dan buku visual. Buku modul tersebut telah disesuaikan dengan kurikulum standart Dinas Pendidikan Republik Indonesia dengan konteks lokal yang ditemukan di kawasan Rimbang Baling. Buku visual merupakan buku yang berisi gambar-gambar yang ada di lingkungan hidup mereka yang akan membantu buku modul tambahan tersebut dalam pengambilan contoh. Hal ini didasarkan kemampuan siswa/i yang pada umumnya membutuhkan contoh berupa berupa gambar agar mudah memahami pelajaran yang diberikan guru.

Buku ini akan mulai diuji coba pada Juli 2018. Untuk mengukur tingkat keberhasilan buku akan digunakan juga kuisoner dalam mengukur parameter.

Translate »