Rencana Pengelolaan Ekowisata Rimbang Baling

Penyusunan Rencana Pengelolaan Ekowisata Rimbang Baling oleh Indecon dilakukan dalam upaya untuk mendukung pelaksanaan Program Imbau-ITHCP pada bagian Ouput 3 mengenai pengembangan mata pencaharian (livelihood). Kegiatan tersebut merupakan salah satu kegiatan pengembangan mata pencaharian berlanjutan yang berkolaborasi dengan WWF-Yapeka-Indecon.  Salah satu sektor yang akan dikembangkan di dalam komponen ini adalah ekowisata. Diyakini sektor ini akan dapat memberikan pendapatan alternatif guna mengurangi tekanan terhadap hutan dan sungai di Kawasan Rimbang Baling dari kegiatan-kegiatan bersifat destruktif.

Kawasan bentang alam Rimbang Baling yang sebagian besan wilayahnya adalah kawasan konservasi yang memerlukan perlakukan khusus dalam pengelolaannya. Permasalahan umum seperti alih fungsi lahan, konflik antar pemangku kepentingan dan dampak terhadap usaha konservasi yang dilakukan, dikhawatirkan akan semakin merusak potensi sumber daya alam di kawasan Rimbang Baling. Permasalahan dan isue strategis tersebut menjadi bahan pertimbangan utama dalam upaya menyusun Rencana Pengelolaan Ekowisata Rimbang Baling yang diharapkan dapat menjadi panduan atau pedoman dalam mengembangkan program atau kegiatan kepariwisataan di Rimbang baling.

Secara garis besar, seluruh tahapan kegiatan dalam menyusun Rencana Pengelolaan Ekowisata Rimbang Baling terdiri atas 5 tahapan, yang dimulai dari: (1) persiapan, (2) identifikasi potensi dan masalah, (3) analisis data, (4) perumusan visi dan misi, serta (5) penyusunan konsep dan rencana pengelolaan.

Rencana Pengelolaan Ekowisata Rimbang Baling ini telah dikonsultasikan dengan masyarakat setempat, pemerintah desa, kecamatan, kabupaten, dan provinsi, termasuk dengan pihak BBKSDA Riau sebagai pengelola kawasan Suaka Margasatwa Bukit Rimbang Bukit Baling. Para pihak tersebut mendukung upaya pengelolaan ekowisata di kawasan Rimbang Baling sebagai alternative matapencaharian masyarakat yang berkelanjutan.

No Comments Yet.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »